Pages

Desain Eksterior Carport

Desain Eksterior Carport
Carport merupakan salah satu bagian dari eksterior rumah. Carport sering diidentikkan dengan garasi karena fungsinya sebagai tempat untuk memarkir kendaraan roda empat anda. Karena letaknya yang berada di bagian luar rumah, cartport dapat memberikan nilai tambah kepada rumah. Desain dan nilai estetika sebuah carport dapat menentukan keindahan dan keunikan rumah anda secara keseluruhan.

Ada berbagai jenis bahan yang dapat anda pilih untuk mendesain carport impian anda. Perlu diingat bahwa sebelum membangun carport impian anda, anda perlu mempertimbangkan anggaran, waktu pengerjaan mauipun bentuk dari carport yang anda inginkan. Setiap bahan memiliki jangka waktu batasan umur apalagi jika diigat bahwa carport merupakan bagian dari ekterior rumah yang cenderung terkena panas dan hujan. Sebagai contoh, bahan yang terbuat dari besi, akan berkarat. Berbeda dengan material stainless still, material ini tidak mudah berkarat tapi membutuhkan anggaran yang lebih besar dibandingkan besi biasa. Anda juga bisa memilih carport yang berbahan kayu, karena kayu memiliki nilai estetika yang sangat tinggi dan memiliki tekstur yang khas sehingga carport Anda akan tampak lebih indah. Namun kelemahannya adalah bahan kayu semakin lama akan lapuk dan mudah diserang rayap. Namun jika anda terkendala masalah dana, anda dapat membangun carport sederhana dengan menggunakan lantai semen dan atap kanopi yang terbuat dari plastik.

Jenis penutup kanopi juga terdiri dari berbagai jenis bahan, seperti fiberglass, policarbonat, mika dan asbes. Beberapa bahan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki bahan lainnya, misalnya bahan policarbonat. Bahan dari policarbonat memiliki daya tahan untuk warna yang berbeda-beda. Ada policarbonat yang memberikan jaminan ketahanan warna selamanya, dan ada juga yang hanya bertahan selama beberapa tahun saja. Cerdas memilih bahan yang tepat dan sesuai bisa menghemat anggaran biaya anda.

Perbedaan utama antara carport dan garasi adalah carport cenderung berada pada ruang terbuka sedangkan garasi cenderung merupakan ruang tertutup. Berikut adalah beberapa jenis model carport yang mungkin dapat menjadi inspirasi anda.
Carport panel tenaga surya

Carport panel tenaga surya
Jika rumah anda berada di daerah yang berlimpah cahaya matahari, mungkin anda dapat mempertimbangkan model carport tenaga surya. Memang mungkin akan memakan cukup banyak biaya saat membangunnya namun carport dengan desain eksterior seperti ini dapat membantu anda menghemat biaya pemakaian listrik ke depannya.

Carport drive throught

Carport drive throught
Carport unik yang satu ini menggabungkan antara halaman depan dan halaman belakang rumah anda. Selain dapat menjadi jalan pintas yang menghubungkan bagian depan dan belakang rumah anda, desain carport seperti ini juga dapat memberikan ruang tambah yang anda perlukan saat mengadakan acara di rumah anda.

Full Carport

Full Carport
Anda dapat memasangkan atap ke seluruh bagian depan rumah anda, bahkan juga pada area taman anda. Selain memberikan perlindungan kepada kendaraan anda dari teriknya matahari, konsep seperti ini juga bisa memberikan kesejukan dalam rumah karena besarnya area depan rumah yang ditutupi dari sinar matahari.

Carport semi ruang tamu

Carport semi ruang tamu
Carport unik yang satu ini lebih menjorok ke dalam rumah, jika anda suka dengan hal-hal baru yang anti mainstream, anda dapat mempertimbangkan desain unik yang satu ini.

Carport tanaman merambat

Carport tanaman merambat
Jika anda suka dengan rumah nuansa tropis, mungkin anda akan menyukai desain eksterior carport yang satu ini. Tanaman merambat yang menjalar sepanjang tiang dan atap akan memberikan nuansa tropis yang unik dan juga kesejukan serta kesan alami yang menenangkan.

Carport multifungsi

Carport multifungsi
Yang dimaksudkan dengan multifungsi di sini adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan ruangan di atas carport. Kita dapat menambahkan ruangan atau pun taman hidup pada bagian atas carport untuk menambah luas bagunan rumah.

Demikianlah beberapa ulasan dan pembahasan yang dapat kami sampaikan untuk membantu anda merancang carport anda. Semoga dapat membantu.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading

Powered by Blogger.