Pages

Desain Eksterior Rumah Batu Alam

Desain eksterior rumah batu alam
Saat ini, konsep desain eksterior alami atau natural semakin banyak digemari oleh orang-orang. Rumah dengan konsep alam memang sangat sesuai untuk iklim dan konsep budaya indonesia, selain itu konsep alami juga memberikan kesan unik tersendiri dan elegant. Salah satu cara untuk menonjolkan nuansa alami rumah anda dari luar adalah dengan memasang batu alam. Pemasangan batu alam untuk memperindah rumah anda dapat dilakukan dengan berbagai cara baik pada dinding mau pun lantai. Beberapa hal yang harus anda ingat saat memasang batu alam adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah jenis batu alam yang sesuai dengan kegunaannya. Batu alam yang biasa digunakan pada lantai juga dapat digunakan pada dinding, namun batu alam yang biasa digunakan pada dinding tidak dapat digunakan pada lantai.
  2. Tentukan ukuran dan pola batu alam yang akan dipasang sebelum memasangnya.
  3. Gunakan perekat yang tepat untuk batu alam agar batu alam dapat kuat melengket.
  4. Rendamlah batu alam dalam air sebelum memasangnya. karena batu alam cenderung memiliki pori-pori yang besar sehingga akan sulit melekat jika tidak direndam terlebih dahulu.
  5. Bersihkan permukaan yang akan ditempel batu alam terlebih dahulu agar batu alam dapat menempel kuat.
  6. Terakhir, jika anda tidak berpengalaman dalam menempelkan batu alam, ada baiknya menggunakan tukang yang sudah terbiasa bekerja dengan batu alam karena proses memasang batu alam tidaklah mudah.

Desain eksterior pagar rumah dari batu alam
Harga dari batu alam cenderung dianggap mahal, namun jika dibandingkan dengan nilai estetika yang dihasilkannya, maka harganya tidaklah seberapa. Tapi jangan kuatir, anda tetap dapat memperindah desain eksterior rumah anda dengan cara yang lebih hemat dengan menggunakan batu alam. Pagar bukan hanya alat untuk menjaga keamanan rumah. Dengan sedikit tambahan dari batu alam, pagar anda juga terlihat indah dan menarik. Hal ini bisa lebih menghemat dana anda karena anda dapat memadukan batu alam dengan rangkaian kayu atau besi sehingga batu alam yang digunakan lebih sedikit namun keindahan, nuansa alami dan keeleganan dari batu alam tetap dapat anda peroleh. Selain itu perawatan pagar bisa lebih mudah karena beberapa batu alam tahan lumut dan cuaca sehingga lebih awet.

Jenis-jenis batu alam untuk desain eksterior rumah
Sebagai penutup dari pembahasan desain ekterior rumah batu alam, berikut adalah beberapa jenis batu alam dengan ciri-ciri masing-masing:
  1. Batu candi. Dikatakan batu candi karena batu ini dulunya sering digunakan untuk proses pembuatan candi, namun tipe batu ini mudah terkenan lumut sehingga anda harus rajin membersihkan batu ini jika ingin memakainya pada rumah anda.
  2. Batu andhsite. Batu ini tahan lumut dan cuaca sehingga sering digunakan pada pembuatan dinding eksterior dan pagar. Bentuknya padat dan sangat cocok diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis.
  3. Batu koral sikat. Batu ini berbentuk bulat kecil dan biasa digunakan untuk memperindah lantai taman dan garasi serta kolam. Batu ini banyak dijual dalam berbagai ragam.
  4. Batu marmer. Batu ini biasanya dikenakan untuk bagian dalam rumah pada dinding dan lantai.
  5. Batu templek. Batu yang sering digunakan untuk menghias kolam dan pagar rumah.
  6. Batu palimanan. Merupakan batu yang empuk dan mudah dipahat sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan patung taman.
  7. Batu paras yogya. Kelebihan batu ini adalah memiliki warna putih yang alami, empuk dan mudah dipahat namun cenderung mudah terkena lumut sehingga jika anda ingin mengenakannya pada bagian luar rumah maka batu terlebih dahulu harus diberi lapisan coating.

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading

Powered by Blogger.